Translate

12.19.2012

Apa Itu Logo? (1)

Apasih logo? dan mengapa kita harus bikin logo? Nah disini kita coba untuk sedikit mengupas fungsi dan kegunaan sebuah logo dan perbedaannya dengan istilah istilah lain yang saling berbaur.
Alasan pemuatan suatu logo  serupa dengan alasan pencantuman foto dari seseorang, sebagai contoh, Rano Karno atau Krisdayanti. Sulit untuk menjelaskan dalam kata-kata informasi yang dapat disampaikan dengan foto tersebut. Walaupun demikian, sebagian besar pengguna merasa bahwa foto-foto tersebut sangat bermanfaat. Logo harus dianggap sebagai foto dari perusahaan.

Supaya untuk dapat memahami logo lebih mendalam mungkin adabaiknya kalau kita membahas hal-hal yang berkaitan dengan logo. Begitu banyak istilah yang berbaur, karenanya diperlukan suatu landasan pengertian agar mengerti tidak secara definitif, melainkan pemahaman yang menyeluruh, Selain itu istilah-istilah ini tidak berdiri sendiri melainkan saling terkait satu sama lain, jadi lebih baik jika kita coba membahas  keseluruhannya, supaya kita mendapat pemahaman yang lengkap.
ENTITAS/ENTITY

Entitas adalah sesuatu yang memiliki keberadaan yang unik dan berbeda, walaupun tidak harus dalam bentuk fisik. Abstraksi, misalnya, biasanya dianggap juga sebagai suatu entitas. Dalam pengembangan sistem, entitas digunakan sebagai model yang menggambarkan komunikasi dan pemrosesan internal seperti misalnya membedakan dokumen dengan pemrosesan pesanan. Entitas dapat berupa apa saja baik fisik maupun non fisik.
1. Barang dan jasa 2. Organisasi 3. Manusia 4. Tempat 5. Konsep 6. Pengalaman 7. Peristiwa

LOGOTYPE

Asal kata logo dari bahasa Yunani logos, yang berarti kata, pikiran, pembicaraan, akal budi.pada awalnya yang lebih dulu populer adalah istilah logotype, bukan logo.
Pertama kali istilah logotype muncul tahun 1810-1840, diartikan sebagai: tulisan nama entitas yang didesain secara khusus dengan menggunakan tekhnik lettering atau memakai jenis huruf tertent. Jadi awalnya logotype adalah elemen tulisan saja.

Pada perkembangannya orang membuatnya makin unik/berbeda satu sama lain. Mereka mengola huruf itu , menambah elemen gambar , bahkantulisan barbaur menjadi satu, dan senua itu masih banyak yang menyebutnya dengan istilah logotype. dimana fungsinya sebagai 
1. Identitas diri, untuk membedakan dengan identitas milik orang lain
2. Tanda kepemilikan. Untuk membedakan miliknya dengan milik orang lain
3. Tanda jaminan kualitas
4. Mencegah peniruan / pembajakan

LOGO

Logo adalah penyingkatan dari logotype. Istilah logo baru muncul pada tahun 1937 dan kini istilah logo lebih populer dibanding logotype. Logo bisa menggunakan elemen apa saja: tulisan, logogram, gambar, ilustrasi, dan lain-lain.

Logo bisa diartikan sebagai lambang atau simbol khusus yang mewakili suatu perusahaan atau organisasi. Sebuah logo bisa berupa nama, lambang atau elemen grafis lain yang ditampilkan secara visual. Sebuah logo diciptakan sebagai identitas agar unik dan mudah dibedakan dengan perusahaan kompetitor/pesaing.

Logo bisa diibaratkan dengan wajah. Setiap orang bisa dengan mudah dikenali antara satu dengan yang lain hanya dengan melihat wajah. Begitu juga halnya dengan logo. Logo merupakan sebuah visi penyampaian citra positif melalui sebuah tampilan sederhana dalam bentuk simbol.


img source


Karena fungsi dasarnya sebagai identitas, logo haruslah unik dan mudah diingat. Selain itu, logo juga harus divisualisasikan seimbang dan enak dipandang, serta relefan sehingga mampu memberikan penjelasan mengenai apa yang ditawarkan perusahaan pemilik logo.

LOGOGRAM

Bila logo type adalah elemen tulisan pada logo, maka umumnya orang beranggapan logogram adalah elemen gambar pada logo. Kemungkinan besar istilah logogram ini telah mengalami perubahan makna dikarenakan kemiripan kata dengan logotype.

sebenarnya lpgogram adalah sebuah simbol tulisan yang mewakili sebuah kata / makna contoh: angka-angka dan lambang-lambang matematika. '1' mewakili 'satu' , '+' mewakili 'tambah'
 


Add caption


Fungsinya untuk mempersingkat penulisan sebuah kata, logo gram sering jyga disebut ideogram (simbol yang mewakili sebuah ide / maksud.)

.





Bersambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar