Translate

12.13.2012

Apa Itu Brand ?

Nah loh jadi binun jawab judul diatas, tapi ngga apa-apa kok karena para kaum profesional di bidang marketing sekalipun kadang tidak bisa menjawabnya. bahkan banyak pula yang menjawab menurut pendapatnya sendiri-sendiri.

Nah disini ane coba menerangkan berdasarkan beberapa sumber yang terpercaya, Secara klasik brand diartikan sebagai nama, tanda atau simbol untuk menandai barang atau jasa dari para penjual dan untuk membedakannya dari para pesaing. Nah itu penjelasan secara kelasiknya, sedangkan pengertiannya saat ini lebih luas. Pemahan sekarang tentang brand pada dasarnya merupakan perpaduan antara seni dan sains untuk menyampaikan sebuah janji, yang dibuat oleh perusahaan kepada audience-nya, sebagai perwujudan nilai dan emosi dari perusahaan tersebut Melalui janji ini, perusahaan berusaha menjalin ikatan dengan pelanggannya secara emosional, baik dari segi pemenuhan kebutuhan, loyalitas dan dukungan yang terus menerus. 

Dengan kata lain, perusahaan pada intinya berusaha untuk menjadi seperti pelanggannya, mengadopsi sifat-sifatnya- keren agresif, cerdas, bijak peduli lingkungan- sebagai upaya perusahaan untuk menjadi cerminan mereka.

Sama seperti konsep sosiologi yang mengatakan bahwa orang akan berteman dan bergaul dengan orang-orang yang sifatnya sama. Dengan demikian perusahaan bisa memenuhi janjinya dengan menjual produk atau service yang cocok dengan sifat-sifat/kreteria tersebut.Wah panjang yah penjelasannya,tapi yang penting.Kunci dari branding adalah konsumen bisa membedakan produk kita dengan jelas apabila dibandingkan dengan produk pesaing.Sebuah brand mencerminkan suatu produk, tetapi juga mempunyai dimensi lain yang mampu membedakannya dari produk yang lain dan didesain untuk memenuhi kebutuhan yang sama.

Ingat, brand harus mengikuti audience. Coba kita pikirin bagaimana Nike bisa berkembang dan mempertahankan bahasa dan visualnya selama bertahun-tahun, bagai mana Reebok dari tahun 80 an bisa tetap menjadi trendsetter sepatu aerobic sampai sekarang, bagai mana Apple bisa menjadi simbol kehebatan. Semua orang mengakui bahwa mereka selalu lebih baik dari yang lain. Namun yang terpenting harus diperhatikan bila brand tersebut tidak terbukti kualitasnya dan kehilangan relevansinya, maka lambat laun brand tersebut akan pudar.

Brending mempunyai kekuatan yang sangat besar. Bila kita percaya itu, maka kita dapat memanfaatkan kekuatannya untuk menciptakan keajaiban dengan berani menempuh berbagai tantangan.

Sekian duluh deh, nanti dilanjutin lagi. Trimakasih semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar