Translate

12.19.2012

Apa Itu Logo (2)



SIGNATURE

Berasal dari bahasa  latin signare, yang berarti to mark, sign. Selain berarti tanda tangan, signature secara umum juga berarti karakteristik / identitas / tanda / ciri khusus yang diterapkan pada sebuah objek. Logo merupakan signature dari sebuah entitas.

Namun signature tidak terbatas hanya bersifat visual, yang bersifat audio / suara / musik juga sering disebut signature, contoh signature jenis ini adalah empat nada di akhir iklan prosesor intel.



MARK

Pengertian Mark sangat luas dan sangat umum digunakan orang ( bukan eksklusif di area disain grafis saja) pada intinya berarti tanda / lambang / sign. Sebagian orang menyebut elemen gambar pada logo sebagai mark. Kemungkinan istilah merk dalam bahasa Indonesia berasal dari kata ini. ( Lihat MEREK dan MEREK DAGANG )





Acceptance Mark Mastercard

TRADEMARK

Trademark  dterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai merek dagang. ( Lihat MEREK dan MEREK DAGANG )


WORDMARK

Sesuai dengan namanya,  “wordmark”, yaitu nama yang dieja dalam tipografi yang unik atau logo yang terdiri dari tulisan saja, serupa dengan makna awal mula istilah logotype. Namun istilah wordmark telah mengalami perluasan makna (atau penyempitan?) sebgian orang mengatakan hanya elemen tulisannya saja yang disebut wordmark (untuk logo yang memilikiberbagai elemen lain)

          


MEREK dan MEREK DAGANG

Karena istilah merek mengandung nuansa hukum / legal, baik kiranya bila mencermati pengertian merek menurut Derokterat Jendral Hak Kekayaan Intlektual (Dirjen Haki ).

"Merek adalah suatu tanda yang berupa gambar, nama, kata huruf-huruf, angka-angka, susunan warna atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang dan jasa."

Sedangkan merek dagang menurut Dirjen Haki adalah: "Merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan barang-barang sejenis lainnya"

Merek juga sering digunakan secara umum untuk menyebut sebuah logo atau brand.


BRAND

Sama halnya dengan logo, Brand (merek) berfungsi sebagai identitas suatu perusahaan atau organisasi. Namun brand tidak hanya digambarkan dalam sebuah simbol (seperti logo), brand bersifat menyeluruh. Brand bisa berupa Nama, simbol/logo, bentuk, iklan, slogan, maupun penggunaan kombinasi warna.
Sebuah brand yang baik diciptakan dengan menggulangi penggunaan unsur-unsur tersebut secara konsisten untuk menggambarkan identitas yang jelas dari sebuah perusahaan. Kita mengenal slogan "just do it" sebagai salah satu bagian dari branding Nike. Nike konsisten menyisipkan slogan tersebut dalam berbagai bentuk promosi baik dalam media cetak maupun iklan televisi. Konsistensi tersebut lambat laun menggugah ingatan konsumen terhadap produk Nike yang secara perlahan akan berujung membentuk prilaku konsumen yang responsif terhadap layanan yang ditawarkan dalam promosi.




Contoh lain dalam aplikasi branding dalam sebuah perusahaan dapat dilihat dari penggunaan kombinasi warna. Sebuah brand harus konsisten menggunakan kombinasi warna untuk membangun ingatan konsumen mengenai sebuah produk. Seperti Coca cola yang secara konsisten menggunakan kombinasi warna merah, hitam dan putih dari mulai warna baju karyawan sampai kepada warna gedung sekalipun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar